Tuesday, July 15, 2008

PeRkeMbaNgaN JaNiN MiNggU DeMi MiNggU DaLaM PeRuT iBu

MINGGU 1-4

Minggu 1
Sebaik saja haid bermula, hormon mulai merangsang ovari untuk membebaskan telur.

Minggu 2
Telur memulakan perjalanannya memasuki tuba faloppi.

Minggu 3
Setiap telur adalah perempuan (kromosom x). Suami anda pula menghasilkan sperma yang mempunyai kedua-dua kromosom X dan Y. Sperma X disenyawakan dengan telur memberi peluang untuk mendapat bayi perempuan. Jika sperma Y yang disenyawakan, itu berarti anda akan memperoleh bayi lelaki.

Minggu 4
Bayi anda kelihatan seperti rongga yang penuh dengan ratusan sel. Dalam tempo 7 hari selepas persenyawaan, sel-sel ini ’menyerap’ masuk ke dalam rahim dan bercambah. Ukuran bayi anda saat ini sangat kecil yaitu sebesar kepala peniti.



MINGGU 5-8


Minggu 5
Bayi kelihatan seperti buih yang kecil. Ini karena kantung ketubannya masih tidak dapat dilihat. Tubuhnya berwarna keabu-abuan dan tembus cahaya. Di peringkat seawal ini, bagian tubub sudah mulai membentuk dimana sel bagi setiap jenis jaringan besar-kulit, sistem saraf, tulang dan usus sudah berada di kedudukan masing-masing.

Minggu 6
Walaupun dia kelihatan seperti berudu, sistem saraf sudah terbentuk dan jantungnya sudah mulai berdenyut. Dia juga mulai coba untuk melakukan pergerakan pertamanya. Melihat kantung ketuban sudah terbentuk sempurna, dia sudah bisa bergerak di dalam kantungnya.

Minggu 7
Walaupun ukuran bayi hanya sebesar biji beras tetapi otaknya sedang berkembang pesat. Dalam sehari dia akan membesar pada rata-rata 1 mm. Alis mata yang kecil sudah terbentuk untuk melindungi matanya.

Minggu 8
Ukuran tubuhnya sebesar buah anggur. Jari tangan dan kakinya masih berselaput. Tulang kecilnya sudah terbentuk sepenuhnya tetapi belum menjadi tulang. Sebaliknya ia hanyalah tulang rawan yang lembut. Kantung kuning telurnya tidak kelihatan lagi dan dia tidak memerlukannya lagi untuk memperoleh bekalan makanan.


MINGGU 9-12

Minggu 9
Bayi anda sudah membentuk wajahnya sendiri. Mata, telinga dalam dan hidung sudah terbentuk. Dia sudah mulai melakukan pergerakan. Bagaimana pun anda masih belum dapat merasakannya. Jika bayi anda lelaki, penisnya akan kelihatan tetapi masih memerlukan scan yang teliti untuk benar-benar mengesahkannya.

Minggu 10
Panjang bayi kini adalah sekitar 4,5 cm. Jadi dia kelihatan seperti udang kecil. Ruas jari dan pergelangan tangan sudah terbentuk dan dia bisa melakukan separuh genggaman. Dia sudah bisa menggerakkan lengan, kaki dan dadanya sebagai latihan untuk membolehkannya bernafas. (Pada minggu ini dia bisa mengesan emosi anda. Dia mendapat pesan emosi anda melalui hormon yang melewati plasenta).

Minggu 11
Pada peringkat ini, dia dikenali sebagai fetus. Ukurannya sebesar tabung lipstik. Biarpun dia semakin aktif tetapi pergerakannya masih lemah lembut.
Sewaktu ujian scan, anda dapat lihat dengan jelas garisan tulang-tulangnya.

Minggu 12
Semua organ besar dan struktur tubuhnya sudah lengkap terbentuk. Jika diberi peluang melihat bayi, anda akan dapati dia sangat aktif menendang dan memusingkan diri. Apalagi dirinya kini sudah mulai dipenuhi air ketuban yaitu dalam kira-kira 44 mL.


MINGGU 13-16


Minggu 13
Dia bisa menggerakkan otot mukanya. Wajahnya hampir kelihatan seperti wajah manusia. Selain itu, dia suka meregangkan jari dan menghisap ibu jari. Dia akan bergerak aktif dalam tempo 15 menit pada suatu ketika. Dia akan terus berada dalam keadaan begini sampai sekitar minggu ke-20.

Minggu 14
Dia kini mulai belajar menghembus dan menarik nafas. Jika anda mampu menyentuh lembut pipinya, dia pasti akan mendongakkan kepalanya dan mulai mencari dari mana sentuhan itu datang, sama seperti aksi bayi mencari puting untuk menyusu.

Minggu 15
Kulit bayi kelihatan tembus cahaya. Jadi apa saja yang melalui salur darahnya dapat dilihat dengan jelas biarpun kulitnya itu dilindungi rambut halus (lanugo). Wajah bayi pula mulai menyerupai wajah ibu atau ayahnya walaupun pada masa yang sama masih terus mengembangkan ciri-ciri wajahnya sendiri.

Minggu 16
Kakinya makin panjang dan dia sudah bisa menendang. Ketika pemeriksaan antenatal dilakukan, anda bisa mendengar denyutan jantungnya. Dia melakukan pergerakan pertama matanya dan turut memberi tindak balas kepada bunyi walaupun telinganya belum terbentuk sepenuhnya.


MINGGU 17-20


Minggu 17
Ukurannya kini sebasar avokado yaitu beratnya 170 g dan panjangnya 12,7 cm. Lemak mulai menyaluti kulit bawahnya. Dia bisa menghisap dan menelan. Matanya kini sudah di peringkat akhir pembentukan. Oleh karena itulah pada minggu ini dia sudah berupaya untuk mengedipkan matanya.

Minggu 18
Berat bayi adalah sekitar 225 g. Dia kini pandai membuat bunyi-bunyian. Hal ini dikatakan berlaku karena ketika kebanyakan ujian scan dilakukan, bayi menggunakan peti suaranya untuk menghasilkan getaran bunyi. Dia juga akan menutup telinganya jika terdengar bunyi yang terlalu membisingkan.

Minggu 19
Kulitnya dilindungi dengan bahan melekat putih yang dikenali verniks air ketuban. Dia mulai berlatih menggerakkan tubuhnya seperti berguling dan melenting ke belakang.
Selain itu dia sangat suka melakukan pergerakan lain seperti menggerakkan mata, menendang dan menumbuk.

Minggu 20
Jika bayi anda perempuan, rahimnya sudah terbentuk. Dia memberi tindak balas kepada cahaya yang diarahkan ke perut anda walaupun matanya masih tertutup rapat. Sistem saraf dan ototnya kini sudah matang untuk membolehkan dia menggerakkan anggota badannya.


MINGGU 21-24


Minggu 21
Ukuran bayi kini sebesar buah pisang yang besar. Lemak berterusan berkumpul dan tulang-tulang serta otot-ototnya semakin hari semakin kuat. Biar pun perkembangannya semakin perlahan tetapi jantungnya semakin kuat. Pada minggu ini, anda sudah bisa meminta dokter untuk mengesan jenis kelamin bayi.

Minggu 22
Dia kelihatan berkembang dengan sempurna. Dalam minggu ini, seharusnya tulang dalam bagian telinga semakin keras. Jadi, pendengarannya semakin jelas. Kini dia bisa mengenal pasti perbedaan bunyi yang didengarnya. Contohnya perbedaan suara dan denyutan jantung anda.

Minggu 23
Tulang telinga tengahnya sudah mengeras dan lanugo di kulitnya semakin menipis dan berwarna kegelapan. Apabila anda melakukan hubungan intim, bayi akan menyadarinya.
Kajian mendapati kadar denyutan jantung bayi naik atau turun mendadak ketika anda melakukan hubungan intim. Tetapi hal ini tidak membahayakan bayi.

Minggu 24
Dia mulai belajar bermain. Apabila anda menepuk perut dan berkata ”tendang” dia akan mengikuti arahan. Apabila dia bertindak balas, pujilah dia dan katakan ”anak mamih pintar”. Permainan seperti ini baik untuk merangsang perkembangan otak bayi.


MINGGU 25-28



Minggu 25

Salur darah dalam paru-paru bayi mulai berkembang dan lubang hidungnya mulai terbuka.
Tulangnya juga semakin kuat. Struktur telinganya sudah semprna. Jadi dia bisa mendengar dengan lebih baik. Jika anda dan suami bercakap dengannya sekarang, ini akan memudahkan dia mengenali suara ibu bapanya saat lahir nanti.

Minggu 26
Paru-paru bayi mulai menghasilkan bahan yang dikenali sebagai surfactant yang membolehkannya bernafas dengan lebih baik. Selain itu, warna mata bayi bergantung kepada warna dan latar belakang etniknya.
Warna mata bayi akan berubah dalam bulan-bulan pertama selepas kelahirannya.

Minggu 27
Bayi kini seberat 907 g dan panjangnya 35,56 cm. Dia kelihatan seperti bayi yang sudah lengkap anggota badan tetapi dalam bentuk yang kecil dan kurus.
Biar pun begitu, otak dan paru-parunya makin berkembang pesat. Matanya sudah bisa dibuka dan dia sangat suka menghisap ibu jarinya.

Minggu 28
Mata, bulu mata dan keningnya kini terbentuk sempurna. Walaupun anda tidak menyadarinya, bayi mulai belajar bahasa dri anda. Kajian menunjukkan tangisan bayi pra matang yang lahir pada minggu ke-28 menunjukkan mereka meniru gaya percakapan ibunya.


MINGGU 29-40


Minggu 29
Bayi kini sensitif kepada cahaya, bunyi, bau dan rasa. Testis bayi lelaki bergerak ke skrotum sedangkan alat vital bayi perempuan juga akan menonjol karena belum ditutupi oleh labia kecil.
Proses penutupan ini akan terjadi di penghujung minggu kehamilan.

Minggu 30
Bayi sudah punya waktu tidur dan terjaga. Di waktu terjaganya, dia makin aktif. Pada waktu malam dia tetap aktif dan suka menggeliat. Dia akan tetap aktif untuk beberapa minggu pada waktu malam biarpun selepas dilahirkan. Jadi anda perlu mengajarnya arti malam dan siang selepas lahir nanti.

Minggu 31
Beratnya kini bisa mencapai 1,5 kg. Simpanan lemak di bawah kulitnya menutup salur darah yang sebelum ini jelas kelihatan. Selain itu, lemak putih kini banyak menutupi kulit bayi. Keadaan ini menjadikan kulitnya berwarna merah jambu. Dia mulai bermimpi pada minggu ini.

Minggu 32
Dalam minggu ini beratnya bertambah sampai 1,8 kg. mukanya yang dulu kurang lemak kini semakin penuh dan membuat bagian itu tidak lagi berkedut. Antibody anda kini telah dipindahkan kepadanya dan berupaya melindungi bayi darip ancaman penyakit setelah lahir nanti.

Minggu 33
Perkembangan otak yang pesat menjadikan ukuran kepalanya membesar sekitar 1 cm sepanjang minggu ini. Menurut kajian, bayi belajar menganl pasti musik yang dia dengar setiap hari. Dia akan bertindak balas kepada musik yang sama apabila lahir nanti.

Minggu 34
Bayi membuka mata ketika terjaga dan menutupnya ketika tidur.
Kuku jari tangannya semakin panjang dan perlu dipotong setelah lahir nanti. Karena panjang bayi kini 33 cm dan beratnya sekitar 2,3 kg, dia tidak lagi punya ruang untuk menendang dan menumbuk.

Minggu 35
Bayi membuang air kecil setiap hari melalui air ketuban. Ia akan ditapis oleh plasenta dan diproses oleh ginjal anda. Paru-parunya semakin sempurna. Lemak yang terus berkumpul di tubuhnya akan membantu bayi mengekalkan suhu badan apabila lahir nanti.

Minggu 36
Tulangnya sangat kuat tetapi tempurung kepala masih lembut. Keadaan inilah yang memberi kelebihan pada bayi untuk ’turun’ melalui saliran kelahirannya. Dengan demikian membolehkan bayi bergerak ke pelvik anda dan kini dia dalam tahap bersedia untuk keluar.

Minggu 37
Beratnya sekitar 2,9 kg. Dia menambah berat badannya kira-kira 14 g setiap hari. Lazimnya, bayi lelaki lebih berat berbanding bayi perempuan ketika lahir. Dia mulai belajar pergerakan pernafasan karena paru-parunya hampir matang sekarang. Dalam beberapa hari saja lagi, paru-parunya akan matang sepenuhnya.

Minggu 38
Bayi anda kini seberat 3 kg. Berat ini merupakan rata-rata normal bagi bayi baru lahir. Kebanyakn verniks berkurangan untuk membantunya melalui saluran kelahiran dengan mudah. Lanugo pula tidak lagi kelihatan tetapi rambut di kepalanya memanjang sehingga 5 cm.

Minggu 39
Ketika ini, panjang bayi adalah 50 cm dan beratnya sekitar 3,2 kg. Dia mengeluarkan hormon yang merangsang kontraksi. Pakar psikologi ibu hamil berpendapat anda perlu sering mengarahkan perut anda dengan lampu yang mempunyai cahay kuat sebagai persiapan awal untuk bayi menghadapi kejutan cahaya apabila lahir.

Minggu 40
Bayi bisa mengedip dan menggenggam jari. Rata-rata berat bayi yang baru lahir adalah 3,3 kg dan panjangnya 50 cm. Bayi bisa mengingati saat dia dilahirkan. Kajian menunjukkan apa saja yang terjadi pada mereka ketika lahir, perkataan yang didengarnya boleh diingati melalui hipnosis.


Sumber :
Majalah Pa & Ma, Malaysia – No. 91 April 2008, halaman 23-27

Gambar :
Artikel Fase Kehamilan - www.infobunda.com



1 comment:

chendi said...

hai niki..
senang bisa membaca tulisan-mu
boleh saya mengutip urutan fase kehamilan ini di blog saya...
thanks..
warm regard,
chendy